Kamis, 18 April 2013

BAB 4 - MENGALAHKAN MITOS


Mengalahkan Mitos
Segudang prestasi didapatkan  melalui belajar dan kerja keras yang didorong oleh motivasi diri yang kuat untuk meraih sukses sejak  masa remaja. Anda jangan percaya akan mitos-mitos seputar wirausaha, misalkan ada yang mengatakan bahwa wirausaha dihasilkan dari bakat an keturunan atau wirausaha diawali dengan memiliki uang yang banyak. Semua hal tersebut sebenarnya hanyalah karena kurangnya pemahaman kita tentang kewirausahaan. Berikut disajikan beberapa mitos yang selalu kita dengar ditengah masyarakat :
-          Mitos : Wirausaha merupakan bakat keturunan
Bakat memang dapat membantu seseorang menjadi pengusaha, namun bukanlah satu-satunya penentu untuk menjadi pengusaha.
-          Mitos : Pengusaha adalah pelaku, bukan pemikir
Banyak yang beranggapan bahwa pengusaha adalah pelaku yang langsung menjalankan usaha dilapangan.
-          Mitos : Wirausaha tidak bisa diajarkan atau dibentuk
Dewasa ini, bagaimanapun, pengenalan kewirausahaan sebagai suatu disiplin ilmu dapat membantu mengusir mitos ini.
-          Mitos : Pengusaha adalah selalu sebagai investor
Pendapat yang menyatakan bahwa pengusaha adalah mereka yang bertindak sebagai investor atau orang yang menyetorkan modalnya tidak salah, namun akan menjadi salah apabila hal tersebut dianggap sebagai satu-satunya, sebab seorang investor juga harus memiliki perilaku yang inovatif.
-          Mitos : Pengusaha membutuhkan keberuntungan
Pada “tempat dan waktu yang tepat” selalu terdapat keberuntungan, tetapi yang pasti “keberuntungan” terjadi ketika sudah dilakukan persiapan untuk menemukan peluang pengusaha disiapkan untuk menangkap peluang, dan ketika peluang itu muncul, sering kali dipandang  sebagai “keberuntungan”
-          Mitos : Pengusaha harus selalu sukses dan tidak boleh gagal
Persepsi ini sangat keliru, karena pengusaha yang sukses selalu membangun bisnisnya dengan jatuh bangun dan banyak yang mengalami kegagalan.
-          Mitos : Pengusaha adalah sama seperti penjudi
Pengusaha tidak dapat dikatakan sama dengan penjudi. Semua hal berkenaan dengan usaha pasti tidak terlepas dari sebuah risiko, dari risiko kecil sampai besar.

0 komentar:

Posting Komentar