Kamis, 18 April 2013

BAB 4 - MENGUBAH POLA PIKIR


Mengubah Pola pikir

Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidaklah mudah serta membutuhkan kerja keras dan banyak pengorbanan, apalagi menyangkut pola pikir dari seorang individu. Merubah sesuatu yang telah menjadi kebiasaan tidak mudah. Perubahan bukanlah kata yang menakutkan dan membahayakan. Mengubah pola pikir memerlukan keberanian dan kerelaan.
Sadar ataupun tidak kita selalu keluar masuk dari comfort zone satu ke comfort zone berikutnya.

Menurut McGrath dan MacMillan (2000) dalam Rambat (2004), lima karakteristik yang umumnya dimiliki oleh pengusaha adalah :
1.      Pengusaha sangat bersemangat dalam melihat atau mencari peluang-peluang baru
Dengan tetap selalu waspada, pengusaha mencari kesempatan untuk mendapat keuntungan dari perubahan dan hambatan dalam bisnis yang mereka jalankan.
2.      Pengusaha mengejar peluang dengan disiplin yang ketat
Pada umumnya, pengusaha tidak hanya bersiap untuk menggarap peluang yang kecil, tetapi sering kali langsung mengambil tindakan nyata terhadap peluang-peluang yang belum tergali.
3.      Pengusaha hanya mengejar peluang yang sangat baik dan mengindar mengejar peluang yang belum jelas
Pengusaha tetap dituntut berdisiplin dalam membatasi jumlah proyek yang hendak mereka raih.
4.      Pengusaha berfokus pada pelaksanaan
Orang dengan kerangka berpikir pengusaha akan memilih melakasanakan apa yang telah mereka tetapkan daripada menganalisis gagasan baru yang menghancurkan.
5.      Pengusaha mengikutsertakan energi setiap orang yang berada dalam jangkauan mereka
Beberapa kebiasaan pengusaha adalah melibatkan banyak orang, baik dari dalam atau luar organisasi, dalam  mewujudkan peluang mereka.





0 komentar:

Posting Komentar