Kamis, 18 April 2013

BAB 3 - MENERAPKAN SIKAP MENTAL BISNIS ORANG CINA



Menerapkan Sikap Mental Bisnis Orang Cina

Pengantar : Kisah Sukses Orang Cina

          Pada tataran nasional, saat ini kita banyak mengenal pengusaha dengan peranan penting yang sebagian besar merupakan orang Cina, seperti Liem Sioe Liong dari Salim Group, Eka Tjipta dari Sinar Mas, Mochtar Riadi dari Lippo Group, Prajogo Pangestu dari Barito Group, Sofyan Wanandi dari Gemala Group, dan lain-lain. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan bisnis orang Cina didasari oleh suatu budaya, seni, cara, dan etika yang sudah diterapkan selama puluhan tahun dan perlu kita pelajari dan implementasikan dalam rangka menciptakan generasi pengusaha yang tangguh.


         Contoh pengusaha Cina yang tangguh adalah Hari Jap. pria berusia 37 tahun ini menjadi generasi muda Cina yang sukses dalam bidang properti. sebelum lulus sarjana teknik sipil pada tahun 1994, Hari Jap sudah bekerja pada Sinar Mas Group. Beberapa waktu kemudian ia diangkat menjadi profesional pada perusahaan kontraktor gedung bertingkat dan tahun 1998 bergabung dalam Associate Ray White di Kelapa Gading. Hanya dalam waktu satu tahun ia sudah mencapai posisi peraih komisi yang tertinggi dan berhasil membangun kantor sendiri di Pluit. Hari juga membuka pemasaran melalui internet melalui www.indoproperty.com dan berkat usaha keras hanya dalam waktu 35 bulan atau 3 tahun perusahaan sudah balik modal, bahkan pada tahun 2001 dapat mengakuisisi Ray White Pondok Indah. Karena tidak puas dengan merk asing, Hari membuka merk sendiri yang terus berkembang sampai saat ini.
         Dari kasus tersebut terdapat beberapa pesan yang harus dikembangkan oleh pengusaha muda yang ingin berhasil, yaitu: belajar dan bekerja keras,memiliki motivasi tinggi untuk mencapai tujuan, berusaha dengan bermitra dan tidak saling mematikan, serta melakukan inovasi dan bersinergi dalam rangka mencapai keuntungan kedua belah pihak.

0 komentar:

Posting Komentar